Download 9 Permainan Pramuka Terbaru 2016

Permainan Dalam Pramuka

Permainan Pramuka merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam kepramukaan. Permainan pramuka selain sebagai hiburan dalam kegiatan kepramukaan juga berfungsi sebagai media menyampaikan Materi Pramuka tentang kesetiakawanan antar anggota pramuka, kerjasa tim dan peningkatan jati diri pramuka yang lain. berikut adalah contoh Permaian Pramuka Terbaru tersebut.

Berikut saya lampirkan beberapa Contoh Permainan Pramuka mungkin cocok untuk diterapkan dalam Kegiatan Pramuka disekolah anda.

Permainan Pramuka merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam kepramukaan. Permainan pramuka selain sebagai hiburan dalam kegiatan kepramukaan juga berfungsi sebagai media menyampaikan Materi Pramuka tentang kesetiakawanan antar anggota pramuka, kerjasa tim dan peningkatan jati diri pramuka yang lain. berikut adalah contoh permaian pramuka tersebut.     Berikut saya lampirkan beberapa Contoh Permainan Pramuka mungkin cocok untuk diterapkan dalam Kegiatan Pramuka disekolah anda.


Permaian Pramuka Stick Goyang
Tujuan permaian stick goyang :
  • Menjalin Kerja sama dan toleransi antar anggota.
  • Belajar saat menerima dan kapan harus memberikan kesempatan kepada yang lain.
  • Berlatih menghadapi segala rintangan atas asas kebersamaan.
Alat yang digunakan dalam permaian stick goyang :
  • Tali Pramuka/ boleh rafia. Sejumlah peserta.
  • Tongkat/ Balok/ papan kayu/ Bambu . Panjang ( 2- 3 meter ) Diameter bebas.
  • Aneka Halang rintang.
Pelaksanaan permaian stick goyang :
  • Tiap anggota regu berhak memegangi utas tali . boleh sebelah kanan atau kiri
  • Ditengah tarikan utas tali, diletakkan balok/ bambu dengan tali dalam kondisi kencang.
  • Regu Menempuh suatu perjalanan penuh rintangan dengan jarak bebas.
  • Regu dengan waktu tempuh tercepat dan balok/ bambu tidak pernah jatuh itulah yang terbaik
  • Rintangan dapat dibuat sedemikian rupa, sehingga perjalanan membawa balok/ bambu nampak penuh tantangan. ( Melebar, menyempit, lompat, naik dan turun)

Salah satu fungsi pramuka adalah memberi kegiatan menarik dan mendidik. Karena itu permainan harus mempunyai tujuan dan aturan permainan, jadi bukan kegiatan yang hanya bersifat hiburan saja. Karena itu lebih tepat kita sebut saja kegiatan menarik. Permainan dalam pramuka menjadi salah satu kegiatan yang bertujuan :
  1. Anggotanya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.
  2. Anggotanya menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.
  3. Anggotanya menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya.
  4. Anggotanya menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.
Download Juga :
Jukran Td.Penghargaan 

Related Post

Previous
Next Post »