Contoh Format Penilaian PAUD Kurikulum 2013 + Cara Pengisian


Contoh Format Penilaian PAUD Kurikulum 2013

Bagi para guru PAUD/TK dan sejenisnya yang sedang memerlukan Contoh Format Penilaian PAUD Kurikulum 2013, langsung saja download file ini. File ini insyaallah sudah lengkap untuk berbagai rubrik dengan berbagai metode penilaian yang sesuai dengan Kurikulum 2013.  

Format Nilai ini dapat digunakan tidak hanya untuk lembaga PAUD saja tapi juga termasuk penilaian di lembagai sejenis lainnya seperti TK, Kelompok Bermain, TPA, dll.

Penilaian atau evaluasi PAUD dapat dilakukan melalui kegiatan harian kemudian di tuangkan ke dalam penilaian format mingguan dan atau bulanan dan terakhir dilakukan penilaian secara utuh menggunakan raport PAUD atau disebut LPPA (Laporan Pencapaian Perkembangan Anak). 

Contoh Format Penilaian PAUD Kurikulum 2013Dalam Format Penilaian ini terdiri dari :

  1. Contoh Format Pengumpulan Data Observasi dan Catatan Anekdot 
  2. Contoh Format Analisis dan Evaluasi Data Anak 
  3. Contoh Format Penggunaan Data untuk Perbaikan Pembelajaran Individu 
  4. Contoh Format Penggunaan Data untuk Pelaporan 
  5. Contoh Format Deskripsi Laporan Perkembangan 
  6. Contoh Format Observasi Anak Didik 
  7. Contoh Format Penilaian Penugasan Anak 
  8. Contoh Format Penilaian Unjuk Kerja Anak Didik 
  9. Contoh Format Penilaian Unjuk Karya Anak Didik 
  10. Contoh Format Laporan Perkembangan Anak Didik
 (Sumber : http://paudjateng.xahzgs.com/2015/09/contoh-format-penilaian-paud-k13.html)

Download Contoh Format Penilaian PAUD Kurikulum 2013

Dalam melakukan Penilaian Anak PAUD terdapat beberapa Prosedur yang harus ditempuh hingga akhirnya menjadi sebuah nilai, prosedur tersebut adalah :
  1. Mengacu pada kompetensi dan dilakukan seiring dengan kegiatan pembelajaran yang diprogramkan dalam RPPH.
  2. Mencatat semua hasil perkembangan anak dengan menggunakan instrumen penilaian, seperti observasi, percakapan, unjuk kerja, hasil karya, dan melakukan pencatatan terhadap sikap dan perilaku anak yang terjadi secara insidental pada format catatan anekdot. Download Instrumen Penilaian PAUD Disini
  3. Merangkum semua hasil perkembangan anak dan dipindahkan ke dalam format yang telah disiapkan baik harian, mingguan maupun semester.
  4. Mengolah hasil rangkuman selama satu semester menjadi bentuk laporan deskripsi secara singkat meliputi 3 kompetensi yaitu kompetensi Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan.
  5. Merumuskan deskripsi secara objektif sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah bagi orang tua atau wali dalam bentuk LPPA (Laporan Pencapaian Perkembangan Anak)
Sekian artikel tentang Contoh Format Penilaian PAUD Kurikulum 2013 ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Wassalammm,,,,!

Download Juga :

Related Post

Previous
Next Post »