Contoh SK Operator Sekolah (Dapodik & Aset) 2016/2017

Contoh SK Operator Sekolah

Download Contoh SK Operator Sekolah Terbaru 2016 untuk semua yang sedang memerlukan referensi mengenai SK OPS baik itu dari segi redaksi, konsideran, dll. Peran seorang OPS tentu sangat vital apalagi yang berkaitan dengan pendataan antar sekolah dengan Dinas ataupun Pusat.

Operator Sekolah terbagi menjadi 2 jabatan, ada Operator Dapodik dan Operator Aset. Untuk itu SK Operatos Sekolah ini terbagi 2 bagian. Mungkin untuk operator aset tidak terlalu populer dibanding operator dapodik, bahkan mungkin kebanyakan orang ketika membicarakan Operator Sekolah pasti yang dimaksud adalah Operator Dapodik.

Contoh SK Operator Sekolah

Tugas Fungsi Operator Sekolah (Dapodik)

  1. Tugas Operator Sekolah adalah melakukan entry data yang bersumber dari F-SEK, F-PD, dan F-PTK yang sebelumnya telah diisi oleh pihak yang berkepentingan.
  2. Tugas operator hanya melakukan input data. Laksanakan entry data sejeli dan seteliti mungkin sesuai dengan formulir yang diisi. Jangan menyimpang dari formulir yang telah diisikan. Seandainya ada formulir yang diisi tidak benar dan tidak sesuai prosedur, koordinasikan dengan yang bersangkutan untuk proses pembetulan, jika diperlu juga harus dikonsultasikan dengan kepala sekolah.
  3. Sebelum melakukan entry data, baca dengan cermat petunjuk pengisian seperti dalam manual versi dekstop untuk meminimalisir kesalahan. Untuk data yang bersifat vital karena berhubungan dengan penerimaan tunjangan, isi dengan benar dan jangan sampai dikosongkan.
  4. Jangan hanya mengandalkan informasi dari KK-DATADIK Kabupaten/ Kota . Info dari KK-DATADIK memang PENTING, tapi akan lebih baik jika Operator Sekolah bergabung di Grup Pendataan supaya bisa mendapatkan informasi yang up to date, sekaligus bisa sharing jika menemui kendala.
  5. Beri pengertian kepada PTK untuk melakukan Cek Verifikasi Data di website yang ditentukan. Ingat, Tugas Operator Sekolah hanya entry data. Seyogyanya para guru melakukan verifikasi datanya sendiri. Jika ditemukan data tidak valid, minta PTK yang bersangkutan berkoordinasi dengan Operator Sekolah untuk proses pembetulan. Kalau kemudian PTK tak memiliki kemampuan untuk Cek Verifikasi data, dan meminta bantuan Operator Sekolah, itu masalah lain. Tentu saja PTK yang bersangkutan harus ‘mengerti’ sehingga tak ada pihak yang harus dirugikan.
  6. Untuk Honor Entry Data, semuanya telah diatur dalam Petunjuk Tekhnis. Sodorkan hal tersebut kepada Kepala Sekolah, agar Operator Sekolah mendapatkan imbalan sesuai dengan haknya. Jika hal tersebut telah dilakukan, tapi hak Anda belum diperoleh, bersabarlah! Yakinlah bahwa Tuhan punya rencana lain bagi jalan rezeki Anda dengan jalan tak disangka-sangka.

Download Contoh SK Operator  Sekolah (Dapodik)

Download Contoh SK Operator  Sekolah (Aset)


Sekian artikel tentang Contoh SK Operator Sekolah yang bisa saya share kali ini. Semoga bermanfaat untuk semua dan wasssalammm,,,,!

Download Juga :
Kumpulan Contoh SK Kepala Sekolah Lengkap dan Terbaru

Related Post

Previous
Next Post »