Download Contoh Dokumen 1 KTSP (update 2016)

Contoh Dokumen 1 KTSP

Contoh Dokumen 1 KTSP
 sumber : http://lutfimaliq84.blogspot.co.id/2015/09/contoh-dokumen-1-sd-sederajat.html

Dokumen 1 KTSP berisi tentang acuan pengembangan KTSP yang memuat latar belakang, tujuan dan prinsip pengembangan, tujuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum, kalender pendidikan. Penyusunan KTSP harus mengacu pada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sebagaimana yang terdapat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional masing-masing Nomor 22 Tahun 2006, dan Nomor 23 Tahun 2006, serta Panduan Pengembangan KTSP yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Dokumen 1 KTSP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Standar Isi, namun pengembangannya diserahkan kepada sekolah agar sesuai dengan kebutuhan sekolah itu sendiri. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur, dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.

Standar isi merupakan pedoman untuk pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang memuat:
  1. kerangka dasar, dan struktur kurikulum,

  2. beban belajar,

  3. kurikulum tingkat satuan pendidikan yang dikembangkan di tingkat satuan pendidikan, dan

  4. kalender pendidikan.


SKL digunakan sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. SKL meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran. Kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Baca Juga : Contoh Dokumen 1 Kurikulum 2013

Berikut ini adalah Contoh Dokumen 1 KTSP - Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang bisa rekan-rekan download dan dijadikan referensi untuk pembuatan KTSP di sekolah.


Related Post

Previous
Next Post »