Cara Menghitung Daya Serap Siswa - Disertai Contoh Format dan Grafik

Cara Menghitung Daya Serap Siswa


Untuk para guru yang belum mengetahui cara menghitug daya serap siswa, disini saya akan paparkan apa yang saya pahami mengenai rumus ini. Selain itu saya juga sertakan contoh format daya serap siswa atau beberapa orang menyebutnya sebagai contoh format taraf serap siswa. Format ini berlaku bagi jenjang SD, SMP/ MTs dan SMA/ SMK, karena memang cara menghitungnya tetap sama.

Daya serap adalah Kemampuan atau kekuatan untuk melakukan sesuatu, untuk bertindak dalam menyerap. Jadi, yang dimaksud dengan Perbedaan daya serap siswa adalah kemampuan atau kekuatan untuk melakukan sesuatu, untuk bertindak dalam menyerap pelajaran oleh setiap siswa. Pada diri siswa terdiri berbagai daya serap, yaitu antara lain daya mengingat, berfikir, merasakan, kemauan, dan sebagainya. 

Download Grafik Daya Serap Siswa
Cara Menghitung Daya Serap Siswa

Ketuntatasan Belajar (KB) = (NS/N) x 100%
Cara menghitung daya serap siswa adalah dengan menghitung jumlah siswa yang mendapatkan nilai diatas kriteria minimal. Kemudian dibagi jumlah siswa dan dikali 100%, Contoh : anda akan menghitung daya serap siswa kelas VII (satu kelas) pada mapel matematika, dimana jumlah siswa kelas tersebut berjumlah 30 dan siswa yang memiliki nilai hasil evaluasi diatas KKM berjumlah  20m siswa. Maka cara menghitung daya serap siswa disini adalah (20/30) x 100% = 66,66, nah nilai 66,66 itu adalah Daya Serap Siswa dikelas tersebut pada mata pelajaran tersebut.


Semoga artikel Cara Menghitung Daya Serap Siswa ini dapat bermanfaat bagi anda yang belum tahu cara menghitung administrasi ini. Update terus blog ini untuk dapatkan file terbaru lainnya, serta untuk kritik dan saran silahkan cntumkan dikolom konentar.

Related Post

Previous
Next Post »