Contoh Program Kerja PMR SD/Mi, SMP/Mts, SMA/SMK/MA

Contoh Program Kerja PMR SD/Mi, SMP/Mts, SMA/SMK/MA ini dapat anda download pada link yang telah saya sediakan. Pada postingan kali ini saya sediakan beberapa proker untuk semua jenjang mulai dari Program Kerja PMR SD/Mi, Program Kerja PMR SMP/Mts, dan Program Kerja PMR SMA/SMK/MA. Kegiatan ekstrakurikuler PMR ini adalah salah satu kegiatan sekolah yang paling disukai siswa disekolah, dikarenakan kegiatannya lebih banyak bersentuhan dengan permasalahan nyata dilingkungan sekolah.

Program Kerja PMR SD|Mi|SMP|Mts|SMA|SMK|MA

Contoh Program Kerja PMR SD/Mi, SMP/Mts, SMA/SMK/MA

Kegiatan PMR adalah kegiatan bentuk lain kegiatan PMI atau Palang Merah indonesia yang diterapkan dan dilaksanakan pada tingkat pelajar seperti SD, SMP dan SMA. PMR menjadi salah satu kegiatan ekstrakulikuler di sekolah yang sangat bermanfaat untuk diikuti oleh para remaja. Sesuai dengan nama dan organisasi yang menaungi pembinaannya, PMR lebih fokus mengajarkan para remaja terkait kesehatan dan pengobatan.

Biasanya PMI menjadi ekskul favorit bagi para remaja yang bercita-cita menjadi dokter, bidan, perawat atau yang berhubungan dengan kesehatan dan pengobatan. Mungkin karena itu kadang-kadang PMR relatif kurang peminatnya dibanding ekskul seperti Pramuka ataupun Paskibra. Padahal kegiatan dalam ekskul PMR tidak hanya terbatas pada bidang kesehatan dan pengobatan, namun sangat banyak kegiatan yang sangat bermanfaat dan bisa berguna/diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam jangka waktu yang lama.


Bagi pembina ekstrakurikuler PMR tentu sudah kewajiban secara administratif membuat sebuah program kerja ini. Semoga contoh program kerja PMR ini dapat menjadi referensi yang lengkap untuk anda kembangkan lagi disekolah anda. Selain program kerja ekstrakurikuler PMR, disini saya juga menyediakan program kerja ekstrakurikuler bidang lainnya yang dapat anda download pada akhir artikel.

Ekstrakulikuler adalah kegiatan yang selalu ada hampir di setiap sekolah. Baik sekolah ditingkat SD, SMP, maupun SMA. Eksrakulikuler di suatu sekolah hampir sama dengan sekolah lain. Ektrakulikuler yang biasanya ada disetiap sekolah baik SD, SMP, maupun SMA adalah ekstrakulikuler Pramuka dan PMR. Namun, selain ekstarkulikuler tersebut sekolah juga mempunyai ekstrakulikuler lain seperti ektrakulikuler komputer, pecinta alam, irma, bahkan ekstrakulikuler bela diri.
Dalam program kerja PMR yang saya sediakan ini terdiri dari beberapa periode, yakni :
A. Program kegiatan jangka pendek (Metode Pengenalan)
1. Pengenalan organisasi PMR sekolah,
2. Sejarah PMI, PMR
3. Materi Kepalangmerahan,
4. Pembalutan dasar,
5. Hiburan / Permainan.

B. Program jangka menengah (Metode Penggemblengan)
1. Diklatsar PMR (Latihan Pendidikan Dasar PMR),
2. Pelantikan Calon Anggota PMR ke Anggota PMR ( Madya ke Wira tingkat A ),
3. PBB (Peraturan Baris Berbaris),
4. Latihan Gabungan (LATGAB),
5. Hiking,
6. Perkemahan bersama.

C. Program Jangka Panjang (Metode Pembentukan)
1. Pelantikan Dewan Kerja ( Wira tingkat A ke Wira tingkat B ),
2. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS ),
3. Pembentukan Pengurus Harian,
4. Serah Terima Jabatan.  

Semoga Contoh Program Kerja PMR SD/Mi, SMP/Mts, SMA/SMK/MA ini dapat anda realisasikan, dalam arti tidak hanya sekedar memenuhi tuntutan administrasi semata. Kritik dan saran saya harapkan demi kemajuan dan perbaikan blog ini dimasa mendatang.

PMR menjadi salah satu kegiatan ekstrakulikuler di sekolah yang sangat bermanfaat untuk diikuti oleh para remaja. Sesuai dengan nama dan organisasi yang menaungi pembinaannya, PMR lebih fokus mengajarkan para remaja terkait kesehatan dan pengobatan. Biasanya PMI menjadi ekskul favorit bagi para remaja yang bercita-cita menjadi dokter, bidan, perawat atau yang berhubungan dengan kesehatan dan pengobatan. Mungkin karena itu kadang-kadang PMR relatif kurang peminatnya dibanding ekskul seperti Pramuka ataupun Paskibra. Padahal kegiatan dalam ekskul PMR tidak hanya terbatas pada bidang kesehatan dan pengobatan, namun sangat banyak kegiatan yang sangat bermanfaat dan bisa berguna/diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam jangka waktu yang lama.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/amirsyahoke/ekstrakurikuler-ekskul-pmr-memang-cool_552aa353f17e61ba29d623b9

Related Post

Previous
Next Post »