Contoh Program Kerja UKS SD/Mi, SMP/Mts, SMA/SMK/MA ini dapat anda download pada link yang telah saya sediakan. Pada postingan kali ini saya sediakan beberapa proker untuk semua jenjang mulai dari Program Kerja UKS SD/Mi, Program Kerja UKS SMP/Mts, dan Program Kerja UKS SMA/SMK/MA. UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah ini adalah program kesehatan yang dilaksanakan sekolah untuk setiap warga dan lingkungan sekolah.

contoh program kerja uks sd, smp, sma
Perlu dipahami bahwa UKS tidak hanya berfungsi untuk merawat seseorang yang sedang sakit di sebuah sekolah. UKS melingkupi seluruh wilayah yang ada dalam sebuah sekolah lalu apa saja fungsi UKS? Berikut ini akan dijelaskan fungsi dari UKS agar kita makin memahami runag lingkup dari UKS yang ada di sekolah.

Program Kerja UKS SD [DOWNLOAD]
Program Kerja UKS SMP [DOWNLOAD]
Program Kerja UKS SMA [DOWNLOAD]

1. Membentuk Perilaku Hidup Sehat
Fungsi UKS untuk membentuk perilaku hidup sehat bisa dikatakan merupakan dasar dari fungsi UKS itu sendiri. Meskipun UKS juga dianggap "perawat" warga sekolah yang sakit namun lebih utama ketika warga sekolah juga memiliki kesadaran akan pentingnya hidup sehat. Untuk itu membentuk perilaku hidup sehat akan meningkatkan kualitas hidup sehat bagi warga sekolah itu sendiri.

2. Meningkatkan Kemampuan Hidup Sehat
Ketika warga sekolah sudah memiliki kesadaran untuk berperilaku hidup sehat selanjutnya diharapkan warga sekolah terutama peserta didik mampu meningkatkan kemampuannya untuk hidup sehat. UKS bukan lagi merawat si sakit, tetapi menyehatkan si sakit dan meningkatkan kesehatan yang sudah sehat.

3. Menghasilkan Derajat Kesehatan yang Optimal
Keadaan kesehatan peserta didik yang optimal akan meningkatkan kualitas belajar peserta didik itu pula. Jika kesehatan peserta didik yang didambakan sudah terwujud maka tidak perlu lagi khawatir terhadap proses belajar mengajar yang ada di lingkup sekolah akan terganggu.

4. Meningkatkan Kesehatan Peserta Didik
Seperti yang telah dipapaprkan di atas bahwa ketika peserta didik memiliki kesehatan yang optimal maka proses belajar mengajar juga tidak akan terganggu. Kesehatan peserta didik yang dimaksud bukan hanya kesehatan secara fisik saja. Melainkan juga meliputi kesehatan mental dan sosial. Kesehatan fisik penting untuk menjaga kebugaran siswa agar tetap aktif mengikuti berbagai kegiatan di sekolah. Selain itu kesehatan mental juga memegang peranan penting agar pola pikir dan juga mental peserta didik senantiasa termotivasi untuk hidup sehat sehingga ia juga bersemangat mengikuti pembelajaran. Jika kesehatan fisik dan mental sudah tercapai maka peserta didik juga dituntut untuk sehat dari segi sosial. Sehat secara sosial akan membentuk pribadi peserta didik menjadi individu yang berjiwa sosial sehingga selalu peduli dengan sekitarnya.


  • Download Format Daftar Kebersihan Kelas
  • Download Format Daftar Kegiatan Doktor Kecil
  • Download Format Daftar Penyuluhan Narkoba
  • Download Format Daftar Penimbangan Pengukuran Berat Badan Siswa
  • Download Format Pemeriksaan Kuku Siswa
  • Download Format Pemeriksaan Rambut Siswa
  • Download Format Pemeriksaan Sepatu Siswa
  • Download Program Pokok TRIAS UKS
  • Download File UKS Presentasi

  • 5. Menurunkan Jumlah Anak yang Sakit di Sekolah
    Belakangan ditemukan banyak kasus di sekolah yang meliputi banyaknya peserta didik yang tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar karena sakit. Diharapkan UKS mampu ikut berperan serta untuk memberikan kesadaran agar peserta didik selalu hidup sehat juga mampu memberikan pelayanan kesehatan agar jumlah peserta didik yang sakit juga bisa menurun. Jumlah peserta didik yang sakit di sekolah dapat dikurangi ketika pelayanan kesehatan dari UKS juga bisa optimal. Optimalnya pelayanan UKS bukan berarti agar si sakit betah berada di UKS, melainkan agar si sakit itu bisa segera sembuh dan kembali mengikuti pembelajaran. Hal tersebut tentu beimplikasi pada menurunnya jumlah peserta didik yang sakit dan optimalnya pembelajaran di sekolah.

    6. Meningkatkan Kesadaran terhadap Pengaruh Buruk Rokok, Narkotika, Alkohol, dan Obat-obat Lain yang Berbahaya
    Tidak perlu diragukan lagi bahwa anak biasanya memperoleh kebiasaan buruk dari lingkungannya, terutama lingkungan pergaulan yang ia dapat di sekolah. Banyaknya ragam sifat dan juga perilaku di dalam lingkup sekolah membuat seorang anak terpengaruh. seringkali ia mengganggap bahwa itu adalah tuntutan pergaulan. Padahal tidak semua tuntutan pergaulan bersifat positif. Sebut saja kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, juga mengonsumsi oba-obatan terlarang seperti narkotika. Biasanya bermula dari rasa penasaran dan juga tuntutan pergaulan, peserta didik akan mulai mengenal berbagai jenis hal-hal negatif itu kemudian mereka akan mencoba karena penasaran. UKS harus berperan untuk mengenalkan berbagai pengaruh buruk yang ada dalam berbagai benda yang telah disebutkan tadi sehingga peserta didik tidak akan terbawa arus negatif pergaulan.

    7. Mengontrol Kesehatan Peserta Didik
    Jika berbagai fungsi UKS di atas mampu tercapai maka langkah terakhir dari fungsi UKS adalah mengontrol kesehatan peserta didik. Dengan adanya kontrol, kesehatan yang optimal yang juga diharapkan akan tercapai dan mampu dipertahankan sehingga proses belajar akan optimal.

    Bagi Petugas/ Kepala/ Pengurus UKS baik SD/Mi, SMP/Mts, SMA/SMK/MA tentu sudah kewajiban secara administratif membuat sebuah program kerja ini. Semoga contoh program kerja UKS ini dapat menjadi referensi yang lengkap untuk anda kembangkan lagi disekolah anda. Selain program kerja UKS, disini saya juga menyediakan program kerja kegiatan sekolah lainnya yang dapat anda download pada akhir artikel.

    Semoga Contoh Program Kerja UKS SD/Mi, SMP/Mts, SMA/SMK/MA ini dapat anda realisasikan, dalam arti tidak hanya sekedar memenuhi tuntutan administrasi semata. Kritik dan saran saya harapkan demi kemajuan dan perbaikan blog ini dimasa mendatang.

     
    Top