Juknis Pelaksanaan Pelatihan Guru Pembelajar Moda Daring

Berbagai persiapan kita untuk mengikuti pelatihan guru pembelajar yang masuk kategori moda daring tentu sangat penting. Untuk itu Pemerintah sudah menyediakan Juknis Guru Pembelajar Moda Daring, dan disini berdarkan pada juknis dari pemerintah saya akan coba jelaskan beberapa hal penting menyangkut Teknis Pelaksanaan Pelatihan Guru Pembelajar Moda Daring.

Secara garis besar kegiatan utama dari Guru Pembelajar Moda Daring ini adalah melakukan aktivitas pembelajaran secara daring melalui kursus-kursus yang telah disediakan, dalam kursuskursus tersebut terdapat beberapa kegiatan meliputi :
  1. Mengikuti kegiatan pembelajaran
  2. Menjawab soal pada Kegiatan pembelajaran dan evaluasi
  3. Membaca bahan bacaan
  4. Mengunduh-mengunggah Lembar kegiatan atau tagihan kemudian mengunggahnya
  5. Diskusi melalui forum, chatting, webcon
Cara Daftar Guru Pembelajar - Login Guru Pembelajar Online


Sebagaimana kita tahu bahwa kegiatan belajar akan dilaksanakan secara tatap muka dan online, disini saya akan menjelaskan yang bagian onlinenya saja. Sebelumnya para guru pembelajar diharuskan dapat mengakses tautan "Guru Pembelajar Moda Daring" dengan ussername dan passeord yang sudah diberikan. Hal pertama yang dilakukan adalah login dan mengatur profil pengguna seperti upload poto dan ubah password.

Kembali pada kegiatan utama dari Guru Pembelajar Moda Daring, dalam juknis terdapat 3 sesi dalam kegiatan pembelajaran moda daring, yakni :

1. Sesi Pendahuluan
Merupakan sesi yang berisi kegiatan awal sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran yang ada pada Sesi Inti. Sesi Pendahuluan umumnya terdiri atas saran dan cara penggunaan, serta penjelasan kegiatan

2. Sesi Inti
Sesi inti ini berisi kegiatan-kegiatan pembelajaran utama yang terdiri dari 4 (empat) sesi. Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu membaca bahan bacaan, menjawab pertanyaan, dan berdiskusi serta mengunggah tugas sebagai salah satu komponen penilaian dengan bobot 10 %. Di akhir sesi, akan dilakukan tes sumatif akhir sesi sebagai bagian dari penilaian dan memiliki bobot 50 % dari total penilaian.

3. Sesi Penutup
Merupakan sesi terakhir pada kegiatan pembelajaran yang didalamnya ada post test sebagai tes akhir yang merupakan bagian dari penilaian dengan bobot 40 % dari total penilaian.

Download Gratis Modul Guru Pembelajar TK, SD, SMP, SMA/SMK

Tampilan laman pada setiap kursus disajikan dalam bentuk drop down yang artinya bahwa akan tampil menu selanjutnya apabila bagian judul di-klik (dalam hal ini yang menjadi judul adalah “sesi-sesi”)

Daftar Nama Instruktur Nasional Guru Pembelajar 2016

Juknis Pelaksanaan Pelatihan Guru Pembelajar Moda Daring

Diatas adalah tampilan laman sesi Pendahuluan yang ketika diklik judul sesi (Pendahuluan) maka akan muncul Isis Kegiatan Sesi Pendahuluan (contoh : saran dan cara penggunaan MD 1 GP-Daring Fisika SMA).


Gambar diatas adalah beberapa ikon (tombol) yang akan digunakan setiap peserta guru pembelajar. Terdapat 16 ikon dengan tampilan drop down. Untuk penjelasan lebih lengkap dan terperinci, silahkan download saja Buku Manual Admin sebagai juknis untuk peserta guru pembelajar (tombol download dibawah).

Download Buku Manual Admin (Untuk Peserta)
Download Buku Panduan Pengampu dan Mentor (Untuk Instruktur)
 
Top