Analisis SKL KI KD Kurikulum 2013 SMP/ MTs Kelas 7, 8, 9 ini dapat anda dapatkan dengan mendownload link yang sudah saya sediakan dibawah. Sebagai guru yang ideal, Analisis SKL, KI dan KD ini sangatlah penting supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan cepat dan tepat. File ini saya bagikan lengkap untuk semua kelas (VII, VIII, IX) dan semua mapel (Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, PKN, PAI, Seni Budaya, Prakarya, PJOK, Bahasa Daerah) dan termasuk mapel PAI Mts seperti Qur'an Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih, SKI dan Bahasa Arab.
Tidak hanya berbagi link file, disini juga saya akan mengulas sedikit saja mengenai analisis skl ki kd kurikulum 2013 ini disertai dengan cara menganalisisnya. Sebelum itu kita harus paham dulu mengenai pengerian SKL, KI dan KD. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada pendidikan SMK adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dapat dicapai setelah peserta didik menyelesaikan mata belajar. SKL merupakan acuan utama dalam pengembangan Kompetensi Inti (KI), selanjutnya Kompetensi Inti dijabarkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD)


Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai SKL yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi dasar pengembangan KD.KI mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau program dalam mencapai SKL. Kompetensi Dasar adalah kemampuan yang menjadi syarat untuk menguasai Kompetensi Inti yang harus dicapai peserta didik melalui proses pembelajaran. Kompetensi Dasar merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran serta perkembangan belajar yang mengacu pada Kompetensi Inti dan dikembangkan berdasarkan taksonomi hasil belajar.

Analisis SKL KI KD Kurikulum 2013 SMP/ MTs Kelas 7, 8, 9 Semua Mapel
(Sumber : http://smkn2-pariaman.blogspot.co.id)

KL, KI dan KD dapat tercapai dengan adanya Proses Pembelajaran dan Penilaian yang terukur (lihat gambar diatas). Kemudia untuk dapat mengaitkan atau menganalisis keterkaitan antara SKL, KI dan KD adalah dengan langkah-langkah berikut ini :

1. Melakukan linearisasi antara KI dan KD dari pengetahuan (KI-3), dengan cara:
  • Melihat level kognitif pada KD dan KI, dan
  • Melihat hubungan antara level kognitif dan dimensi pengetahuan.
  • Melakukan linierisasi KD dari KI-3 dan KD dari KI-4;
2. Mengidentifikasi keterampilan yang perlu dikembangkan sesuai rumusan KD dari KI-4; apakah termasuk keterampilan abstrak atau konkrit.

3. Mengidentifikasi sikap-sikap yang dapat dikembangkan dalam kegiatan yang dilakukan mengacu pada rumusan KD dari sikap spiritual dan sikap social.

Download Analisis SKL KI KD Kurikulum 2013 SMP Kelas 7, 8, 9

IPA
IPS
PKN
PAI
Seni Budaya
PJOK
Prakarya

Diharapkan dengan artikel Analisis SKL KI KD Kurikulum 2013 SMP/ MTs Kelas 7, 8, 9 dapat bermanfaat bagi anda untuk sekedar menambah wawasan anda mengenai SKL KI dan KD. Untuk kritik dan saran saya tunggu untuk bahan pertimbangan saya dalam perbaikan blog ini kedepan. Bagi anda yang membutuhkan berbagai Perangkat Pembelajaran Guru dan Administrasi Sekolah untuk berbagai jenjang dari mulai SD, SMP dan SMA dapat anda cari melalui kotak pencarian dibagian kanan atas atau melalui menu yang tersedia.
 
Top