Aplikasi EDS (Evaluasi Diri Sekolah) SD 2016 Format Excel ini adalah perangkat penilaian diri sendiri dalam arti sekolah secara umum yang termasuk dalam 8 Standar Nasional Pendidikan. Instrumen EDS 2016 ini adalah format terbaru yang dibuat dalam bentuk aplikasi excel dan juga disertai dengan petunjuk teknis tentang pengisian EDS SD ini. Setidaknya dengan anda mendownload dan mempelajari aplikasi EDS ini, anda tahu apa yang harus anda benahi disekolah anda untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus dari berbagai sudut pandang, baik itu sudut pandang Guru, Siswa, Kepala Sekolah, dan Komite Sekolah.

Istrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS) SD memakai format yang menekankan pada perolehan tahapan setiap standar, yakni 1, belum memenuhi SPM, hampir memenuhi SPM, Sekolah telah melampaui SPM. Semua data yang diperoleh dengan cara mengumpulkan data tentang kondisi sekolah saat ini untuk dijadikan dasar penyusunan program untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah yang selaras dengan Standar Pendidikan Nasional.  Data yang diperoleh dari evaluasi diri hendaknya diperoleh dari semua pihak, baik data kualitatif maupun kuantitatif sehingga diperoleh informasi yang komprehensif.

Aplikasi EDS (Evaluasi Diri Sekolah) SD 2016 Format Excel

Dalam Instrumen Aplikasi EDS excel ini memiliki navigasi serta daftar menu yang sangat jelas sehingga tidak membingungkan dalam proses pengisiannya. Aplikasi ini terdiri dari beberapa fitur isian antara lain sebagai berikut :
  • Data Identitas Sekolah
  • Data Pendidik
  • Data Tenaga Kependidikan
  • Data Siswa dan Rombel
  • Data Sarana dan Prasarana
  • Data Pembiayaan
  • Instrumen Standra Isi
  • Instrument Standar Proses
  • Instrument Standar Proses
  • Instrument Satndar Kompetensi
  • Instrument Standar Pengelolaan
  • Instrument Standar Pembiyaan
  • Instrument Standar Penilaian
  • Rekapitulasi dan Grafik
  • Rekomendasi 


Evaluasi diri sekolah adalah proses yang mengikutsertakan semua pemangku kepentingan yang memungkinkan sekolah menilai mutu penyelenggaraan pendidikan dibandingkan dengan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Pendidikan Nasional (SNP), sehingga dengan demikian kekuatan dan kemajuan yang dicapai dapat diketahui, sementara aspek-aspek yang memerlukan peningkatan dapat diidentifikasi.


Proses evaluasi diri sekolah merupakan siklus, yang dimulai dengan dibentuknya Tim Pengembang Sekolah (TPS) untuk melakukan evaluasi setelah mereka memperoleh pelatihan penggunaan Instrumen EDS ini. Tim mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk menilai kinerja sekolah didasarkan atas indikator-indikator yang dirumuskan dalam Instrumen EDS. Kegiatan ini melibatkan semua staf sekolah serta mengupayakan memperoleh pendapat dari seluruh pemangku kepentingan disekolah. Selama proses kegiatan dilakukan, diharapkan ada satu visi yang jelas menyangkut wujud kinerja sekolah yang diinginkan.

Informasi yang dikumpulkan digunakan sebagai bahan untuk menetapkan aspek mana yang menjadi prioritas dalam perencanaan peningkatan dan pengembangan sekolah. Laporan dikirim ke Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk memberikan informasi mengenai kinerja sekolah terkait dengan 8 SNP dan mutu pendidikan di sekolah sebagai masukan penyusunan perencanaan pada tingkat kabupaten/kota, propinsi, dan nasional.

Download Juga :
Aplikasi EDS (Evaluasi Diri Sekolah) SMP 2016 Format Excel
Aplikasi EDS (Evaluasi Diri Sekolah) SMA 2016 Format Excel

Diharapkan dengan Aplikasi EDS (Evaluasi Diri Sekolah) SD 2016 Format Excel ini dapat sedikitnya membantu anda dalam rangka perbaikan dan peningkatan kualitas sekolah sehingga memenuhi SPM yang telah ditentukan pemerintah. Kritik dan saran sangat saya harapkan demi perbaikan blog ini dimasa yang akan datang. Dalam blogi ini juga disediakan berbagai Administrasi Sekolah Lengkap mulai dari Administrasi SD/ Mi, SMP/ MTs, SMA/ SMK/ MA. Untuk mencari file administrasi yang anda butuhkan silahkan cari melalui kolom/ kotak pencarian dibagian atas blog ini atau melalui daftar menu yang telah disediakan.
 
Top