Contoh Program Tahunan PAUD/ TK/ RA/ KB Kurikulum 2013 Lengkap

Contoh Program Tahunan PAUD/ TK/ RA/ KB Kurikulum 2013 ini merupakan perencanaan pembelajaran untuk jangka waktu satu tahun. Setiap pengajar PAUD ataupun lembaga sederajat lainnya wajib membuat dan memiliki Program Tahunan PAUD ini sebagai upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Untuk itu segera download saja filenya untuk melengkapi referensi anda dalam membuat Program Tahunan 2016/ 2017 sendiri. Semoga file ini bisa menjadi bahan referensi yang baik sesuai dengan harapan bapak/ ibu guru PAUD/ TK/ RA/ KB sekalian. 

PROTAH (Program Tahunan) adalah program yang disusun oleh lembaga berisi tentang rencana kegiatan yang mendukung kegiatan anak, yang akan dilaksanakan dari mulai awal tahun ajaran hingga akhir tahun ajaran. Dalam pembuatan program tahunan ini dibuat terintegrasi dengan Program Semester, jadi Protah dan Promes dibuat dalam satu program karena memang program tahunan adalah gabungan dari 2 promes yakni program semester 1 dan semester 2.

Contoh Program Tahunan PAUD/ TK/ RA/ KB Kurikulum 2013

Contoh Program Tahunan PAUD/ TK/ RA/ KB Kurikulum 2013

Seperti pada gambar diatas, program tahunan ini terdiri dari beberapa kolom keterangan/ isian yakni kolom No, Tema, Jumlah Minggu, Jadwal Kegiatan, dan Keterangan. Dalam kolom tema tentunya diisi dengan Tema yang akan dipakai dalam pembelajaran dalam satu tahun (download Tema PAUD). Kemudian kolom Jumlah Minggu diisi dengan jumlah minggu yang akan dialokasikan untuk setiap Tema yang tentu saja mengacu pada kalender pendidikan untuk menentukan jumlah minggu efektif (download Kalender Pendidikan PAUD). Dan terakhir adalah kolom Jadwal Kegiatan diisi dengan merinci tanggal dari minggu yang sudah dialokasikan untuk setiap tema.



Jadi kesimpulannya adalah dalam tahap awal kita harus menghitung dulu atau merinci berapa jumlah minggu efektif yang tersedia selama satu tahun pelajaran, untuk yang belum bisa menghitung minggu efektif silahkan baca artikel Cara Menghitung Minggu Efektif. Baru setelah anda merinci minggu efektif anda membagi minggu tersebut ke seluruh Tema yang akan dipakai (Alokasi Minggu tiap Tema bisa berbeda-beda). Setelah itu anda tinggal merinci ke bentuk tanggal dalam kolom Jadwal Kegiatan (dari tanggal berapa sampai tanggal berapa)

Download Juga :

Semoga Contoh Program Tahunan PAUD/ TK/ RA/ KB Kurikulum 2013 ini dapat bermanfaat bagi anda dalam menemukan referensi yang tepat dalam mebuat program tahunan sendiri. Kritik dan saran selalu saya tunggu dari bapak/ibu sekalian untuk saya jadikan bahan pertimbangan dalam perbaikan blog ini dimasa datang. Dalam blog ini juga tersedia berbagai administrasi PAUD lainnya secara lengkap dan terupdate, untuk mencari administrasi yang anda butuhkan silahkan cari melalui kotak pencarian diatas atau melalui menu yang tersedia.

Related Post

Previous
Next Post »