Contoh Surat Penghapusan Barang Inventaris Sekolah Terbaru

Contoh Surat Penghapusan Barang Inventaris Sekolah ini adalah surat untuk mengusulkan kepada dinas kabupaten berkenaan dengan penghapusan barang inventaris sekolah. Download segera contoh surat ini sebagia referensi anda jikalau sekolah anda menginginkan barang sekolah yang sudah tidak terpakai bisa dikeluarkan dari aset atau kekayaan sekolah.

Penghapusan Barang Inventaris Sekolah adalah proses kegiatan yang bertujuan untuk mengeluarkan/menghilangkan sarana dan prasarana dari daftar inventaris, kerena sarana dan prasarana tersebut sudah dianggap tidak berfungsi sebagaimana yang diharapkan terutama untuk kepentingan pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

Contoh Surat Penghapusan Barang Inventaris Sekolah

Adapun tujuan-tujuan utama dari penghapusan sarana dan prasrana tersebut adalah untuk meminimalisir atau membatasi kerugian yang lebih besar, meminimalisir terjadinya pemborosan dalam biaya oprasional sekolah, membebaskan atau melepaskan lembaga dari tanggung jawab pengamanan, Meringankan beban inventarisasi. 


Syarat-syarat Dalam penghapusan sarana dan prasarana sekolah itu, terdapat hal-hal penting yang perluh diperhatikan, yaitu :
  1. Dalam keadaan sudah tua atau rusak berat sehingga tidak dapat diperbaiki atau dipergunakan lagi.
  2. Dikhawatirkan dengan perbaikan akan menelan biaya besar sehingga terjadi pemborosan.
  3. Secara teknis dan ekonomis kegunaannya tidak seimbang dengan besarnya biaya pemeliharaan.
  4. Ada barang yang dicuri, terbakar, musnah sebagai akibat bencana alam.[12]
  5. Tidak sesuai lagi dengan kebutuhan masa kini. Dan juga apabila barang tersebut di pertahankan lebih lemah dikhawatirkan akan membahayakan.
  6. Terjadinya penyusutan diluar kemampuan pemeliharaan pengurus barang (misalnya barang kimia).
Donwload Juga : Surat Penyataan Kehilangan Barang Inventaris Sekolah

Cara Penghapusan Dalam proses penghapusan sarana prasarana atau perlengkapan sekolah, harus memperhatikan cara-cara berikut ini :
  1. Kepala sekolah menyatuhkan barang-barang yang akan di hapus, misalnya : meletakkan di tempat yang aman namun masih di lingkungan sekolah.
  2. Kepala sekolah memberikan usulan penghapusan dan membentuk panitia penghapusan dengan melampiri data barang yang akan di hapus ke kantor dinas pendidikan.
  3. Menginventarisasi barang yang akan di hapus dengan mencatat jenis dan tahun pembuatan barang tersebut.
  4. Setelah SK penghapusan terbit, panitia memeriksa kembali barang yang akan di hapus dan membuat berita acara pemeriksaan serta mengusulkan penghaspusan barang-barang tersebut ke Kantor Dinas Pendidikan.
  5. Setelah memperoleh surat keputusan dari Dinas Pendidikan, maka segera di lakukan penghapusan . dan penghapusan tersebut biasa di lakukan dengan dua cara yaitu di musnahkan atau di lelang.
Donwload Juga : Berita Acara Penghapusan Barang Inventaris Sekolah

Semoga postingan Contoh Surat Penghapusan Barang Inventaris Sekolah Terbaru 2016 ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya, wabilkhusus personil sekolah yang dibebani tugas PKS Sarana dan Prasarana. Kritik, syarat dan pertanyaan silahkan cantumkan pada kolom komentar dibawah demi perbaikan blog ini dimasa datang.

Lihat Juga : Buku Inventaris Barang Sekolah Terbaru

Download juga berbagai Administrasi Sekolah SD, SMP, SMA lainnya baik itu berkaitan dengan Pembelajaran, Kelembagaan, Keuangan, SK dan Surat, serta administrasi pelengkap lainnya melalui Menu di samping kanan atas blog ini.
Download Juga :

Related Post

Previous
Next Post »