Download Format Program Tahunan SMP Kurikulum 2013 Terbaru

Program Tahunan SMP Kurikulum 2013 - Pada postingan kali ini saya akan share kepada anda semua berkenaan dengan Program Tahunan SMP dan MTs Kurikulum 2013. Prota atau Program Tahunan ini akan sedikit saya jelaskan mengenai Pengertian Program Tahunan, jadi bukan hanya bagi-bagi file saja. Langsung saja download dulu protanya supaya lebih gampang diikutinya.

Prota SMP Kurikulum 2013

File ini lengkap untuk semua Mata Pelajaran mulai dari Prota Kelas Matematika, Prota Bahasa Indonesia, Prota Bahasa Inggris, Prota IPA, Prota IPS, Prota PKN, Prota PAI, Prota Seni Budaya, Prota Prakarya, Prota PJOK.

Prota atau Program Tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa
Sedangkan Promes atau Program Semester adalah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Isi dari program semester adalah tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan. 

Hubungan dari keduanya tentu saling berkaitan  karena seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa program semester adalah penjabaran dari program tahunan.Yang pertama kali dibuat adalah program tahunan tentunya kemudian baru ke program semester.

PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : ……………..
Mata Pelajaran : ……………..
Kelas : ……………..
Tahun Pelajaran : ……………..
Semester Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Indikator Alokasi
Mengetahui Semarang,………………………
Kepala Sekolah Guru Kelas….
_________________ ______________________
NIP. NIP.

Format umum dari program tahunan adalah seperti diatas  Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dapat anda cantumkan dengan yang sudah ditentukan oleh pemerintah, dan Indikator dapat anda kembangkan sendiri dengan jumlah yang mungkin akan berbeda tiap KDnya (tergantung dari cakupan KDnya). Untuk alokasi waktu tinggal anda masukan dari hasil pemetaan KI-KD dalam Pemetaan.

Kemudian Program Tahunan tersebut dirinci lagi kedalam sebuah Program Semester 1 dan Program Semester 2. Dalam program semester anda tinggal membuat kolom sejumlah minggu efektif, kemudian dari sejumlah minggu efektif tersebut anda blok bagian minggu tidak efektif dan memberi keterangan didalamnya. Pada bagian minggu efektif anda isi dengan tanda ceklist atau dengan jumlah jam per pertemuan (angka), dan seperti yang sudah saya bahas dalam artikel sebelumnya, bahwa dalam membagi alokasi waktu pada tiap KD/Indikator jangan dihabiskan semuanya karena anda juga harus memasukan kegiatan evaluasi (Ulangan dan Ujian) didalam Program Semester tersebut.



Download Program Tahunan SMP/ MTs Kurikulum 2013

Protah Matematika  [DOWNLOAD]
Protah PAI  [DOWNLOAD]
Protah PKN  [DOWNLOAD]
Protah IPA  [DOWNLOAD]
Protah IPS  [DOWNLOAD]
Protah B. Indonesia  [DOWNLOAD]
Protah B. Inggris  [DOWNLOAD]
Protah Seni Budaya  [DOWNLOAD]
Protah PJOK  [DOWNLOAD]
Protah Prakarya  [DOWNLOAD]
Protah Bahasa Sunda  [DOWNLOAD]

Selain Program Tahunan anda juga bisa download Program Semester dan berbagai administrasi lainnya seperti RPP, Silabus, KKM, Pemetaan, KI-KD dll. Akhir kata semoga Program Tahunan SMP Kurikulum 2013 ini dapat bermanfaat bagi anda dalam menunjang administrasi mengajar di sekolah anda.

Related Post

Previous
Next Post »