Contoh Format SK Komite Sekolah untuk SD, SMP, SMP 2016/ 2017

Contoh Format SK Komite Sekolah untuk SD, SMP, SMP 2016/ 2017 merupakan salah satu Surat Keputusan (SK) Kepala Sekolah untuk mengangkat pegawai sekolah khususnya disini adalah Komite Sekolah baik itu di SD, SMP maupun SMA. Format SK Komite Sekolah ini merupakan format terbaru yang memuat Konsideran yang relevan. Keberadaan SK untuk komite sekolah ini tentu sangat penting mengingat legalitas seorang penujukan seorang komite yang perlu dikuatkan secara hukum agar dapat bertindak sesuai Tugas dan Fungsi Komite Sekolah.

Komite Sekolah adalah suatu lembaga mandiri dibentuk dan berperan dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arah dan dukungan tenaga, sarana, dan prasarana serta pengawasan pada tingkat satuan pendidikan. Sesuai dengan pengertian tersebut tentu peran komite sekolah dalam memajukan sekolah sangatlah vital, karena komite biasanya diangkat dari unsur masyarakat setempat.

Contoh Format SK Komite Sekolah untuk SD, SMP, SMP 2016/ 2017

Untuk membuat SK komite sekolah yang baik dan benar , maka perlu memperhatikan bagian-bagian SK sesuai dengan prosedurnya. Ada beberapa bagian-bagian SK tersebut sebagaimana yang admin tuliskan dibawah 


1. Konsiderans
Konsiderans adalah bagian surat keputusan yang berisi hal-hal terutama landasan hukum yang menjadi pertimbangan pembuatan surat keputusan, yang terdiri sub topik : menimbang, mengingat, membaca, mendengar dan memperhatikan 

2. Diktum
bagian surat keputusan yang berisi butir-butir ketetapan. Diktum merupakan isi inti sebuah surat keputusan. Apasaja yang akan ditetapkan oleh pengambil keputusan, semuanya dihimpun dalam diktum. contoh: menetapkan, pertama, kedua, ketiga, keempat

3. Desideratum
bagian yang berisi tujuan (untuk apa) surat keputusan itu dibuat. Setiap surat keputusan pasti mengandung tujuan. Tujuan itu dapat satu atau lebih. Sahabat guru Desideratum bisa terdapat dalam konsideran dan juga pada Diktum, berikut contohnya (huruf dicetak tebal dan di italic)
 
Dalam Konsideran: “bahwa untuk memperlancar Proses Pembelajaran dan penyelesaian administrasi pada SMP Negeri ............. semester ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 perlu ditetapkan pembagian tugas Guru. “ (Penerbitan Surat Keputusan bertujuan untuk menetapkan pembagian tugas guru.) di dalam Diktum: "keputusan ini disampaikan kepada yang bersangkutan untuk diketahui dan dilaksanakan sebagaimana mestinya." (Penerbitan surat keputusan bertujuan meminta pihak tertentu agar mengetahui dan melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya.)

Diharapkan Contoh Format SK Komite Sekolah untuk SD, SMP, SMP 2016/ 2017 ini dapat berguna bagi anda guru/ TU yang membutuhkan referensi dalam membuat SK Komite Sekolah di lembaga anda. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Dalam blog ini juga saya sediakan banyak Administrasi Sekolah Lengkap untuk SD/ Mi, SMP/ Mts, dan SMA/ SMK/ MA baik yang menyangkut Administrasi Pembelajaran, TU, Kepala Sekolah, Keuangan, dan lain sebagainnya. Cari file yang anda inginkan melalui kotak pencarian dibagain kanan atas blog ini atau melalui menu yang tersedia.    

Related Post

Previous
Next Post »