Contoh Raport PAUD Kurikulum 2013 Terbaru ini merupakan Format Raport terbaru yang saya dapat dari sumber yang sudah terpercaya dalam dunia PAUD. Untuk anda guru PAUD yang belum memiliki format raport, download segera filenya pada link yang telah disediakan dibawah. Contoh raport ini saya buat dalam dua format yakni format pdf dan word (docx) yang tentu dapat anda edit dengan mudah. Raport ini dapat digunakan untuk lembaga PAUD ataupun lembaga sejenis lainnya, seperti raport TK, raport Kelompok Bermain (KB), raport RA, raport TPA dan lembaga lainnya yang sederajat.

Contoh Raport PAUD ini tentunya sudah selaras dengan Kurikulum 2013 dan relevan untuk digunakan pada tahun pelajaran 2016/ 2017 sekarang ini. Pembuatan raport merupakan akhir dari pelaksanaan evaluasi untuk periode tertentu (semester), untuk itu saya juga menawarkan berbagai administrasi pendukung dalam terbentuknya Raport PAUD ini. 

Contoh Raport PAUD Kurikulum 2013
Sumber : http://paudjateng.xahzgs.com/

Saat ini sudah ada format baru raport PAUD yang telah mengakomodir tingkat perkembangan anak sebagaimana yang tercantum dalam Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD, yang mencakup aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik , kognitif, bahasa, dan sosial emosional. Beberapa perbedaan pada format raport baru dengan raport lama yakni dalam raport model baru ini pendidik dapat memberikan tanda checklist (√) pada hasil penilaian perkembangan dengan tiga opsi pilihan Baik, Cukup, dan Perlu Dilatih.


Sedikit saya jelaskan mengenai isi dari Raport PAUD Kurikulum 2013 yang terdiri dari 8 lembar ini. Di lembar pertama dalam Buku Raport ini ada cover raport yang bisa anda sesuaikan dengan Identitas PAUD anda termasuk logo. Kemudian dilembar kedua diisi dengan identitas siswa lengkap yang bersisi data lengkap pada umumnya tertera dalam raport yang termasuk foto ukuran 3x4. Setelah itu ada Isi Raport (Laporan Perkembangan Anak Didik) yang terdiri dari 6 Aspek Perkembangan diantaranya :
  1. Nilai-nilai Agama dan Moral
  2. Fisik Motorik
  3. Kognitif
  4. Bahasa
  5. Sosial Emosional
  6. Seni
Setelah itu disimpulkan dengan Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak yang diisi dengan persentase dari Predikat Baik, Cukup, dan Perlu Dilatih, serta dilengkapi dengan Deskripsi, Catatan dan Rekomendasi. Untuk yang belum tahu cara membuat nilai raport PAUD silahkan pelajari melalui artikel Cara Mengisi Raport PAUD.

Diharapkan Contoh Raport PAUD Kurikulum 2013 dapat sedikit banyaknya membatu anda dalam pembuatan raport dan menjadi referensi yang baik seperti yang anda harapkan. Kritik dan saran selalu saya tunggu dari bapak/ibu sekalian untuk saya jadikan bahan pertimbangan dalam perbaikan blog ini dimasa datang. Dalam blog ini juga tersedia berbagai administrasi PAUD lainnya secara lengkap dan terupdate, untuk mencari administrasi yang anda butuhkan silahkan cari melalui kotak pencarian diatas atau melalui menu yang tersedia.
 
Top