Formulir BOS-K1 dan BOS-K2 (RKAS) SD dan SMP ini merupakan salah satu formulir atau format yang ada pada Laporan Penggunaan Dana BOS yang disebut dalam formulir K1 dan K2. Formulir ini berisi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah atau RKAS baik SD maupun SMP. Formulir K1 adalah format yang berisi data Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah, sedangkan Format K2 merupakan data yang berisis Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah. Format ini dibuat dalam bentuk excel yang didalamnya sudah diberi rumus untuk memudahkan penjumlahan. Untuk anda yang belum memiliki Formulir BOS K1 dan Format K2 ini silahkan download langsung filenya.

Formulir BOS-K1 dan BOS-K2 (RKAS) 2016

Formulir BOS-K1 dan BOS-K2 (RKAS) SD dan SMP - Juknis BOS 2016
Tentunya setiap sekolah membuat yang namanya RKAS yang biasanya terintegrasi dengan RKS lainnya seperti RKT dan RKJM. Secara ideal dalam mengisi Formulir BOS K1 ini hanya memindahkan dari RKAS yang sudah dibuat sekolah kedalam Formulir ini dan merinci kembali untuk mengisi data pada Formulir BOS K2. Meskipun pada kenyataannya memang sulit untuk menyesuaikan RKAS dengan pengeluaran sekolah secara real.

Download :
Formulir BOS-K1
Formulir BOS-K2
RKAS dibuat setahun sekali pada awal tahun yang melibatkan berbagai pihak dalam sekolah seperti kepala sekolah, dewan guru dan komite sekolah. Meskipun RKAS mencakup setahun namun tetap harus dirinci kedalam Triwulan selama setahun (4 triwulan). RKAS atau lebih pasnya disebut RAPBS yang mencakup Pendapatan dan Pengeluaran sekolah dalam setahun tersebut anda masukan ke formulir BOS K1 dan yang dalam cakupan Triwulan anda masukan ke formulir BOS K2.

Download Juknis BOS 2016 SD dan SMP

Terdapat 13 Komponen Pembiayaan yang dapat dibiayai oleh dana BOS kepada sekolah, diantaranya adalah :
  1. Pengembangan Perpustakaan
  2. Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru
  3. Kegiatan Pembelajaran dan Ekstrakurikuler
  4. Kegiatan Ulangan dan Ujian
  5. Pembelian Bahan Habis Pakai
  6. Langganan Daya dan Jasa
  7. Perawatan Sekolah/ Rehab Ringan dan Sanitasi Sekolah
  8. Pembayaran Honorarium Bulanan
  9. Pengembangan Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan
  10. Membantu Peserta Didik Miskin
  11. Pembiayaan Pengelolaan Sekolah  
  12. Pembelian dan Perawatan Perangkat Komputer
  13. Biaya Lainnya (sesuai ketentuan Jukni BOS 2016)
Jika kita melihat Komponen Kegiatan yang ada pada Formulir BOS-K1 dan BOS-K2 menggunakan 8 Komponen yang berbeda, yakni menggunakan Komponen 8 Standar Nasional Pendidikan. Tapi sebenarnya sama saja, tinggal kita cocokan saja masing-masing komponen antara keduanya. 

Download Juga !!!
Formulir BOS K3

Diharapkan dengan artikel Formulir BOS-K1 dan BOS-K2 (RKAS) SD dan SMP - Juknis BOS 2016 ini dapat sedikitnya membantu anda dalam melaksanakan tugas bapak/ ibu sebagai pengelola keuangan sekolah (BOS). Dalam blog ini juga saya sediakan banyak Administrasi Sekolah Lengkap untuk SD, SMP, dan SMA baik yang menyangkut Administrasi Pembelajaran, TU, Kepala Sekolah, Keuangan, dan lain sebagainnya. Cari file yang anda inginkan melalui kotak pencarian dibagain kanan atas blog ini atau melalui menu yang tersedia.  
 
Top