Formulis BOS K7 dan Format K7a 2016 ini merupakan salah satu formulir atau format yang paling dianggap penting, karena format ini yang dipakai dalam Laporan Pertanggungjawaban BOS secara online. Untuk anda yang belum memiliki Formulir BOS K7 dan Format K7a ini silahkan download langsung filenya. Formulir K7 adalah format yang berisi data realisasi jenis anggaran sedangkan Format K7a merupakan data rekap penggunaan dana BOS. Format ini dibuat dalam bentuk excel yang didalamnya sudah diberi rumus untuk memudahkan penjumlahan.

Formulis BOS K7


Format K7 merupakan laporan yang disusun berdasarkan Buku Kas Umum (Formulir BOS-K3) dari semua sumber dana yang dikelola sekolah pada periode yang sama. Laporan ini dibuat triwulanan dan ditandatangani oleh Bendahara, Kepala Sekolah dan Komite Sekolah. Laporan ini harus dilengkapi dengan surat pernyataan tanggung jawab yang menyatakan bahwa dana BOS yang diterima telah digunakan sesuai NPH (Naskah Perjanjian Hibah) BOS yang tercantum dalam Permendagri tentang Pengelolaan BOS. Bukti pengeluaran yang sah disimpan dan dipergunakan oleh penerima hibah selaku obyek pemeriksaan.

Format K7a

Sedangkan Format K7a merupakan rekapitulasi dari 13 komponen penggunaan dana BOS dan disusun berdasarkan Formulir BOS-K7. Laporan ini dibuat triwulanan dan ditandatangani oleh Bendahara, Kepala Sekolah dan Komite Sekolah. Tentunya karena merupakan rekapitulasi dari penggunaan dana BOS yang disusun berdasarkan Formulir BOS-K7, pengerjaannya setelah K7 sudah beres.

Dalam pembuatan atau pengisian Format BOS K7 ini sebenarnya sangat simpel, karena hanya memindahkan angka-angka atau nominal yang terdapat dalam BKU (K3) kedalam K7 dengan penempatan yang sesuai dengan Jenis Kegiatan yang terdaftar pada Formulir BOS K7. Misalnya sekolah anda mengirimkan seorang guru untuk mengikuti MGMP yang tentunya ada biaya yang harus dikeluarkan, yaitu dana transport misalnya. Tentu dalam BKU itu ditulis secara rinci (untuk transpor MGMP), sedangkan dalam K7, jika kita lihat Jenis Kegiatannya maka yang paling sesuai adalah pada jenis kegiatan " Peningkatan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan " pada poin 4.1- 4.1.1.

Diharapkan dengan artikel Formulir BOS K7 dan Format K7a 2016 ( Petunjuk Pengisian ) ini dapat sedikitnya membantu anda dalam melaksanakan tugas bapak/ ibu sebagai pengelola keuangan sekolah (BOS). Dalam blog ini juga saya sediakan banyak Administrasi Sekolah Lengkap untuk SD, SMP, dan SMA baik yang menyangkut Administrasi Pembelajaran, TU, Kepala Sekolah, Keuangan, dan lain sebagainnya. Cari file yang anda inginkan melalui kotak pencarian dibagain kanan atas blog ini atau melalui menu yang tersedia. 
 
Top