Contoh Format Penilaian Bulanan PAUD Kurikulum 2013 (TK/ RA/ KB/ TPA)

Penilaian Bulanan PAUD Kurikulum 2013

Contoh Format Penilaian Bulanan PAUD Kurikulum 2013 (TK/ RA/ KB/ TPA) ini merupakan penilaian lainya dari serangkaian penilaian yang dilaksanakan di PAUD setelah ulangan harian. Penilaian Bulanan merupakan salah satu penilaian yang wajib dilakukan oleh guru PAUD kepada peseta didiknya. Jenis penilaian yang dilakukan pada pembelajaran PAUD banyak jenisnya mulai dari Penilaian Harian, Penilaian Bulanan, Penilaian Semester yang semuanya wajib untuk dilaksanakan.


Dalam hubungannya dengan Penilaian Harian dimana dalam format checklist (√) harian indikatornya memuat tema dan materi, tetapi untuk dimasukkan ke dalam penilaian bulanan cukup melihat indikator PAUD dari KD yang tercantum dalam format penilaian perkembangan umum. Apabila dalam indikator yang sama dalam satu KD terdapat perbedaan capaian, maka capaian perkembangan yang tertinggi dijadikan capaian akhir.
Sebelumnya saya sudah posting artikel tentang PENILAIAN HARIAN, jika belum membacanya saya anjurkan untuk membacanya terlebih dahulu sebelum membaca penilaian bulanan. Ketentuan dalam membuat Penilaian Bulanan PAUD untuk Kurikulum 2013 diantaranya yaitu :
  1. Format memuat: aspek perkembangan terdiri dari (1) nilai agama dan moral, (2) fisik – motorik, (3) kognitif, (4) bahasa, (5) sosial-emosional, dan (6) seni.
  2. Kompetensi Dasar terdapat dalam kolom berwarna dengan huruf bercetak tebal.
  3. Indikator perkembangan setiap kompetensi dasar yang diturunkan dari indikator pada lampiran Permendikbud Nomor 137 tahun 2014, Permendikbud nomor 146 tahun 2014.
  4. Format digunakan untuk mencatat perkembangan anak setiap bulan dalam satu semester.
  5. Format memuat data perkembangan setiap anak, atau dengan kata lain satu format untuk satu anak yang digunakan selama satu semester.
  6. Setiap bulan terdiri dari 4 (empat) kolom yang ditandai dengan angka 1, 2, 3, dan 4. Angka 1 menunjukkan kemampuan Belum Berkembang (BB). Angka 2 menunjukkan kemampuan Mulai Berkembang (MB). Angka 3 menunjukkan kemampuan Berkembang Sesuai Harapan. Angka 4 menunjukkan kemampuan Berkembang Sangat Baik (BSB).
  7. Capaian perkembangan
    1. Belum Berkembang (BB): bila anak melakukannya harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru;
    2. Mulai Berkembang (MB): bila anak melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru;
    3. Berkembang Sesuai Harapan (BSH): bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru;
    4. Berkembang Sangat Baik (BSB): bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang diharapkan.
Pengisian kolom capaian perkembangan setiap bulannya hanya dengan checklist (√), kemudian data yang diisikan pada kolom capaian perkembangan merupakan hasil kumulasi data yang terkumpul dari format harian ditambah data catatan anekdot ditambah catatan hasil karya anak. Kolom Kesimpulan Capaian diisi dengan capaian tertinggi, misalnya BB, BB, MB, MB, MB, BSH, maka capaian yang diisikan adalah BSH.

Artilek Terkait Lainnya !!!
Contoh Format Observasi Anak PAUD Kurikulum 2013 (TK/ RA/ TPA/ KB)
Contoh Program Semester PAUD/ TK/ RA/ KB Kurikulum 2013
Contoh Program Tahunan PAUD/ TK/ RA/ KB Kurikulum 2013 

Sumber : http://paudjateng.xahzgs.com/

Semoga Contoh Format Penilaian Bulanan PAUD Kurikulum 2013 (TK/ RA/ KB/ TPA) ini dapat bermanfaat bagi anda yang bingung dengan bentuk format Penilaian Bulanan yang akan diterapkan pada lembaga PAUD anda. Kritik dan saran dapat saya harapkan demi perbaikan blog ini dimasa datang. Download banyak administrasi PAUD/ TK/ KB/ TPA lainnya dalam blog ini, supaya lebih gampang anda tinggal piih saja menu PAUD pada daftar menu di samping kanan atas bagian blog ini.

Related Post

Previous
Next Post »