Aplikasi Pembuat Soal Otomatis Dengan Microsoft Excel

Aplikasi Pembuat Soal Otomatis Dengan Microsoft Excel ini merupakan aplikasi excel yang beri format dan rumus sedemikian rupa hingga mampu membuat pekerjaan pembuatan soal menjadi lebih mudah. Aplikasi/ software pembuat soal ujian ini dapat membuat format soal pilihan ganda menjadi lebih mudah. Selain format soal pilihan ganda, dalam aplikasi pembuat soal ulangan ini dilengkapi dengan aplikasi kartu soal untuk pilihan ganda dan uraian dan format kisi kisi soal.

Seringkali guru malas untuk membuat soal diantaranya karena kurangnya kemampuan dalam menggunakan aplikasi sehingga sulit untuk membuat format soal dengan baik. Dengan Aplikasi Pembuatan Soal Ujian|Ulangan dengan Excel ini, anda bisa membuat format soal pilihan ganda dan uraian menjadi lebih mudah. Aplikasi ini bisa digunakan untuk pembuatan soal tingakat SD/ Mi, SMP/ MTs, SMA/ SMK/ MA/ MAK.

Aplikasi Pembuat Soal Otomatis (Home Preview)

Aplikasi Pembuat Soal Pilihan Ganda dan Uraian

Seperti pada gambar diatas, pada Aplikasi Pembuat Soal Ulangan|Ujian Sekolah Excel ini memiliki menu yang cukup lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan anda dalam membuat Format Soal Ujian/ Ulangan Sekolah. Menu tersebut diantaranya untuk input soal pilihan ganda/ multiple choice dan input soal uraian memiliki fitur input soal, kartu soal, dan kisi-kisi soal.




Pada langkah-langkah umum dalam pembuatan soal terdapat beberapa rambu yang harus diperhatikan, dan dalam aplikasi pembuatan soal dengan excel ini dapat mengcover rambu-rambu pembuatan seoal tersebut. Langkah-langkah Penyusunan Soal Sebagai sebuah proses, maka dalam penyusunan soal harus mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Pilih materi atau topik yang tepat untuk diangkat menjadi bahan ujian;
  2. Tentukan dari materi atau topik terpilih tersebut, bagian mana yang tepat untuk dijadikan soal dengan bentuk pilihan ganda atau benar-salah atau isian, atau uraian, atau ujian praktek;
  3. Buat kisi-kisi soalnya yang disesuaikan dengan indikator capaian dalam setiap materi atau topik terpilih;
  4. Tulis soal mengacu pada indikator sebagaimana dituangkan dalam kisi-kisi;
  5. Tulis kunci jawaban (untuk soal selain uraian) atau pedoman penskoran (untuk soal uraian);
  6. Penelaahan dan perakitan soal beserta kunci jawaban atau pedoman penskorannya.

Aplikasi Pembuat Soal Ulangan|Ujian (Print Preview)


Aplikasi Pembuat Soal Ujian SD|SMP|SMA|SMK|MA

Dan untuk tampilan Format Soal Akhir yang dapat anda printout atau cetak seperti pada gambar diatas. Dalam tampilan akhir terlihat ada kop soal pada bagian atas dan pada bagian berikutnya ada kolom keterangan soal dan pada bagian bawahnya lagi terdapat format soal. Pada gambar diatas masih terlihat "0" pada soal atau pilihan ganda, karena memang tidak ada soal yang diinput atau masih kosong.

Artikel Terkait !!!

Diharapkan dengan Aplikasi Pembuat Soal Otomatis Dengan Microsoft Excel ini dapat bermanfaat bagi ibu/ bapak guru dalam membuat soal baik pilihan ganda maupun uraian untuk diterapkan disekolahnya. Kritik dan saran sangat saya harapkan demi peningkatan kualitas blog ini dimasa yang akan datang. Dalam blog ini juga saya sediakan banyak Administrasi Sekolah Lengkap untuk SD, SMP, dan SMA baik yang menyangkut Administrasi Pembelajaran, TU, Kepala Sekolah, Keuangan, dan lain sebagainnya. Cari file yang anda inginkan melalui kotak pencarian dibagain kanan atas blog ini atau melalui menu yang tersedia.

Related Post

Previous
Next Post »