Kumpulan Contoh Surat Dinas Sekolah SD, SMP, SMA

Contoh Surat Dinas Sekolah ini merupakan kumpulan jenis contoh surat dinas atau surat resmi yang sering dipakai dilembaga sekolah seperti SD, SMP, dan SMA. Surat Dinas merupakan salah satu administrasi penting yang sering digunakan disekolah. Untuk itu Contoh Surat Dinas ini saya bagikan hanya sebagai referensi saja buat anda yang belum paham dengan macam macam dan cara membuat surat dinas yang baik dan benar.

Surat Dinas adalah Surat Resmi yang dikelauarkan oleh suatu lembaga pemerintah atau lembaga swasta yang menyangkut semua kegiatan lembaga tersebut. Disini saya akan coba paparkan Contoh Surat Dinas Sekolah yang saya pahami dengan mengacu pada beberapa referensi. Surat Dinas Sekolah atau Surat Dinas Resmi terdiri dari Kop Surat, Tanggal Surat, Nomor Surat, Lampiran Surat, Perihal Surat, Alamat Surat, Pembuka Surat, Isi Surat, Penutup Surat, Titimangsa dan Tanda Tangan Surat dan Tembusan.

Contoh Surat Dinas

Bagi yang membutuhkan Contoh Surat Dinas Sekolah, silahkan download saja pada link dibawah ini.

Contoh Surat Dinas Osis - Contoh Surat Dinas Perusahaan - Contoh Surat Dinas Pemerintahan



Fungsi-fungsi dari surat dinas diantaranya adalah sebagai dasar pekerjaan, seperti surat intruksi, surat pemberian izin maupun surat pengambilan ketentuan, sebagai alat pengingat, lantaran surat ini bisa jadikan arsip untuk lembaga, sebagai bukti perubahan satu lembaga atau instansi, sebagai alat bukti, terlebih surat kesepakatan, dan sebagainya.

Adapun mengenai ciri dari surat dinas ialah ada kop surat serta nama lembaga maupun instansi, ada nomor surat serta lampiran, ada salam pembuka ataupun salam penutup, memakai bahasa resmi lantaran surat dinas adalah surat resmi, ada stempel lembaga atau instansi pada surat.
Dari beberapa bagian pada surat dinas yang paling sering mengalami perubahan dan sering pula membuat bingung yang membuat surat dinas ialah bagian Nomor Surat.  

Nomor Surat Dinas 
Susunan nomor surat dinas meliputi: 
a)  kategori klasifikasi keamanan surat dinas; 
b) nomor naskah (nomor urut dalam satu tahun takwim); 
c)  kode klasifikasi arsip; 
d) bulan; dan  
e)  tahun terbit.

Nomor : 800/122.SMP1/VII/2014
Artinya :
122 merupakan nomor urut surat
800-smp.1 merupakan kode klasifikasi Kepegawaian


Diharapkan Kumpulan Contoh Surat Dinas Sekolah SD, SMP, SMA ini dapat bermanfaat bagi anda dalam membuat Surat Dinas disekolah anda. Kritik dan saran sangat saya harapkan demi peningkatan kualitas blog ini dimasa yang akan datang. Dalam blog ini juga saya sediakan banyak Administrasi Sekolah Lengkap untuk SD, SMP, dan SMA baik yang menyangkut Administrasi Pembelajaran, TU, Kepala Sekolah, Keuangan, dan lain sebagainnya. Cari file yang anda inginkan melalui kotak pencarian dibagain kanan atas blog ini atau melalui menu yang tersedia.

Related Post

Previous
Next Post »