Contoh Jurnal Harian Siswa SD, SMP, SMA/SMK

Contoh Jurnal Harian Siswa SD, SMP, SMA/SMK ini merupakan catatan siswa tentang suatu pembelajaran yang telah dilaksanakan pada hari itu. Jurnal dalam proses belajar mengajar ini terbagi dua jenis, ada Jurnal Harian Siswa atau Jurnal Belajar Siswa ada juga Jurnal Harian Guru. Bagi anda yang belum paham mengenai Jurnal Siswa ini saya akan sedikit jelaskan secara ringkas dan disertai contoh pada bagian bawah artikel.

Dari kedua jurnal tersebut memiliki kesamaan yakni membuat catatan berupa kesan yang dirasakan dalam pembelajaan. Namun yang membedakan dari kedua jurnal tersebut ialah sudut pandang, yakni sudut pandang guru pada jurnal harian guru dan sudut pandang siswa pada Jurnal Harian Siswa (Jurnal Belajar Siswa).

Jurnal Harian Siswa

Contoh Jurnal Belajar Siswa SD, SMP, SMA/SMK

Contoh :

Pengalaman Belajar :
Pada pembelajaran pagi ini pembahasan mengenai kenampakan alam saya merasa senang karena diajak guru untuk belajar diluar ruang kelas untuk mengamati penampakan alam sekitar sekolah. Pada hari ini saya sangat senang belajar matematika karena saya diberi uang kertas oleh pak guru dan disuruh mengukurnya serta diakhir pembelajaran saya bernyanyi bersama teman-teman tentang menabung.

Materi yang diajarkan :
Materi yang telah saya pahami pada pembahasan kenampakan alam adalah kenampakan alam dan kenampakan buatan yang ada di sekitar sekolah. Sekarang saya lebih paham bagaimana mencari luas persegi panjang dari bangun-bangun datar yang ada disekeliling.

Materi yang belum dipahami disertai alasannya :
Pada pembahasan kenampakan alam materi yang belum saya pahami adalah kenampakan alam dan buatan untuk daerah lain, kendala yang dihadapi karena tidak cukup waktu. Saya belum bisa menghitung luas daerah persegi panjang dalam bentuk soal cerita.

Cara untuk mengatasinya :
Karena waktu yang tidak cukup maka saya mencari sendiri informasi kenampakan alam di daerah lain yang saya inginkan. Karena saya tidak bisa menghitung luas daerah persegi panjang dalam bentuk cerita, tetapi saya malu bertanya kepada pak guru, maka saya lebih senang bertanya kepada teman

Upaya pengayaan : 
Saya memperoleh informasi tentang kenampakan daerah lain pada saat saya bertamasya dengan orang tua. Saya bertanya kepada orang tua dan kakak di rumah


Lihat Juga !

Diharapkan dengan Contoh Jurnal Harian Siswa SD, SMP, SMA/SMK ini dapat membantu anda mengarahkan siswa untuk membuat jurnal harian siswa. Kritik dan saran sangat saya harapkan demi peningkatan kualitas blog ini dimasa yang akan datang. Dalam blog ini juga saya sediakan banyak Administrasi Sekolah Lengkap untuk SD, SMP, dan SMA baik yang menyangkut Administrasi Pembelajaran, TU, Kepala Sekolah, Keuangan, dan lain sebagainnya. Cari file yang anda inginkan melalui kotak pencarian dibagain kanan atas blog ini atau melalui menu yang tersedia.

Related Post

Previous
Next Post »